Keindahan Tebing dan Pasir Putih Pantai Siung di Gunung Kidul

Gunung Kidul merupakan surganya wisata pantai di Jogja. Di sini terdapat banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Siung. Pantai Siung terletak sekitar 70 km dari pusat Kota Jogja, tepatnya di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. 


Nama Siung diambil dari sebuah batu karang besar yang ada di pantai ini, jika dilihat dari kejauhan bentuknya mirip seperti gigi kera atau Siung Wanara. Selain birunya air laut dan hamparan pasir putih, pemandangan khas di pantai ini adalah batuan karangnya. Keindahan batu karang Pantai Siung ini dimanfaatkan sebagai arena panjat tebing. Di pantai ini terdapat sebanyak 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. 


Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan kawasan Pantai Siung sebagai lokasi khusus panjat tebing. Berbagai kompetisi panjat tebing dunia pernah diadakan disini, salah satunya Asean Climbing Gathering. Bahkan pantai ini medapat julukan sebagai The Best Rock Climbing Site In Yogyakarta. 


Selain panjat tebing, kegiatan lain yang bisa dilakukan disini adalah camping di sisi timur pantai. Camping ground ini bebas digunakan siapa saja, asal tidak mencemari lingkungan. Kalau Anda lupa membawa tenda, disini juga terdapat sebuah base camp yang mampu menampung sekitar 10-15 orang. Jika beruntung, Anda bisa melihat gerombolan kera ekor panjang yang turun dari tebing menuju pantai. 

Rute Menuju Pantai Siung
Untuk menuju Pantai Siung, dari arah Jogja menuju Jalan Wonosari sampai ke Kota Wonosari, lanjut ke arah Pantai Baron. Dari situ jalan terus hingga bertemu pertigaan Mulo (setelah kolam renang), kemudian belok kiri menuju Tepus lurus terus sampai menemukan pertigaan Winangun (depan klinik) lalu belok kanan menuju Pantai Siung. Pastikan kondisi kendaraan Anda harus prima karena jalan yang dilalui penuh tikungan dan tanjakan. 

Harga Tiket Wisata Pantai Siung
Harga tiket masuk wisata Pantai Siung adalah Rp. 3.000,-/orang dan biaya parkir kendaraan Rp. 2.000,-/motor dan Rp. 5.000,-/mobil. Fasilitas yang terdapat di pantai ini adalah area parkir, warung makan dan toilet. 

Artikel Raja Plesir Lainnya :

1 komentar:

Scroll to top