Hutan Pinus Mangunan, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Jogja

Liburan ke Jogja, rasanya wajib untuk mengunjungi Hutan Pinus Mangunan. Tempat ini merupakan destinasi wisata favorit para remaja Jogja. Hutan Pinus Mangunan menyajikan view yang cantik, ribuan pohon pinus yang berdiri tegak dan berjajar rapi siap menyambut Anda. Suasana asri, udara sejuk dan lingkungan yang jauh dari keramaian menjadi daya tariknya.


Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Lokasinya tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan dan Puncak Becici. Awalnya Hutan Pinus Mangunan merupakan tanah tandus yang dilakukan penghijauan kembali. Tak hanya pinus, jenis pohon lain seperti kayu putih, mahoni dan akasia juga ditanam di lahan seluas 500 hektare ini. Saat ini fungsi hutan kawasan Mangunan tak hanya sebagai hutan lindung, namun juga sebagai destinasi wisata.


Hutan Pinus Mangunan disebut-sebut mirip dengan hutan di Forks dan Evergreen State, lokasi syuting film Twillight. Sehingga lokasi ini tak jarang, dijadikan tempat favorit untuk keperluan syuting, fotografi atau pre-wedding. Selain berfoto, kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah tracking, camping, atau bersantai di atas ayunan hammock. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah saat pagi hari. Selain hawanya sejuk, Anda bisa menyaksikan kabut-kabut tipis dan pancaran sinar matahari menembus sela-sela rimbunan pohon pinus yang menakjubkan. 


Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan
Untuk menuju Hutan Pinus Mangunan, dari Jogja langsung ke Jalan Imogiri Timur arah Imogiri. Sampai di pertigaan Imogiri belok kiri ke arah Makam Raja-Raja Mataram sampai menemukan pertigaan belok kanan ke Kebun Buah Mangunan. Sampai di pertigaan Mangunan belok kiri ke arah Hutan Pinus Mangunan. 

Harga Tiket Wisata Hutan Pinus Mangunan
Untuk masuk ke obyek wisata Hutan Pinus Mangunan, wisatawan tidak dipungut biaya alias gratis. Wisatawan cukup membayar biaya parkir kendaraan Rp. 3.000,-/motor, Rp. 10.000,-/mobil dan Rp. 20.000,-/bus. Untuk foto pre-weeding dan keperluan komersial dikenakan tarif Rp. 50.000,-. Hutan Pinus Mangunan buka setiap hari, tanpa batasan waktu. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, seperti area parkir, gardu pandang, panggung terbuka, warung-warung makan, musholla dan toilet.

Artikel Raja Plesir Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top