Keindahan Alam Bukit Panguk Kediwung di Dlingo Bantul

Dlingo merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menawarkan beragam destinasi wisata menarik. Setelah terkenal dengan Kebun Buah Mangunan, Pucak Becici, dan  Hutan Pinus, kini di Dlingo telah muncul obyek wisata baru yaitu Bukit Panguk Kediwung. Bukit Panguk Kediwung terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.  


Obyek wisata ini baru resmi dibuka pada tanggal  16 Mei 2016. Nama Bukit Panguk berasal dari bahasa Jawa yaitu anguk-anguk yang bisa diartikan melihat sesuatu dari ketinggian. Sesuai namanya Bukit Panguk memang berada diatas Tebing Watu Lawang, yang dibawahnya lembah hijau dan Kali Oya. Obyek wisata ini menyajikan panorama pemandangan alam yang sangat eksotis. 


Wisatawan dapat mengabadikan berbagai momen indah disini, karena pengelola telah menyediakan beberapa spot foto atau gardu pandang. Dari spot foto ini, wisatawan dapat memperoleh foto yang apik dengan background hijaunya hutan, sekilas mirip dengan Punthuk Mongkrok di Magelang maupun Bukit Sedaren di Purbalingga. Sekedar tips bagi Anda yang mau berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung, sebaiknya datang pada pagi hari karena akan melihat fenomena lautan kabut yang sangat indah seperti di Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan. Bagi Anda yang tidak menyukai suasana ramai, wisata ke Bukit Panguk Kediwung patut dijadikan lokasi alternatif. 


Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung
Untuk menuju Bukit Panguk Kediwung, dari arah Jogja bisa langsung menuju Jalan Imogiri Timur kemudian naik menuju Dlingo arah ke Kebun Buah Mangunan. Lokasi ini terletak 2 km dari Kebun Buah Mangunan. Jika telah sampai di dekat Kebun Buah Mangunan, Anda bisa menyusuri jalan menuju Dusun Kediwung. Di situ sudah tertera banyak papan penunjuk arah, kalau Anda masih bingung bisa tanya ke warga sekitar. 

Harga Tiket Wisata Bukit Panguk Kediwung
Untuk masuk ke obyek wisata Bukit Panguk Kediwung, wisatawan cukup membayar seikhlasnya guna pembangunan tempat wisata ini serta membayar biaya parkir kendaraan Rp. 2.000,-/motor dan Rp. 5.000,-/mobil. Berbagai fasilitas telah disediakan oleh pengelola, antara lain gazebo dan warung-warung makan.

Artikel Raja Plesir Lainnya :

1 komentar:

  1. cantik banget pemandangannya..mau banget maen kesana k,
    kira2 berapa yah ongkos kesana yah k?
    Aqiqah Jogja

    BalasHapus

Scroll to top