Pasir Mendit, Wisata Hutan Mangrove di Jogja

Ternyata ada destinasi wisata tersembunyi yang jarang wisatawan ketahui di Jogja. Tempatnya berada di Kulon Progo, sebuah kabupaten di ujung barat Jogja yang semakin berkembang potensi wisatanya. Jika selama ini wisatawan hanya tahu Kalibiru dan Pantai Glagah, ternyata di bagian paling barat deretan pantai di Kulon Progo ada sebuah wisata baru yang sangat eksotis yaitu Hutan Mangrove Pasir Mendit. Hutan Mangrove Pasir Mendit berada di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo atau kurang lebih 50 km dari pusat Kota Jogja. Sesuai namanya, obyek wisata ini menyajikan keindahan alam berupa hutan mangrove atau hutan bakau. 


Hutan Mangrove Pasir Mendit merupakan salah satu obyek wisata yang lagi menjadi primadona di Jogja. Hutan Mangrove Pasir Mendit merupakan satu-satunya hutan mangrove yang dibuka untuk wisata, meskipun di Jogja ada beberapa hutan mangrove. Hutan Mangrove Pasir Mendit pada awalnya digunakan sebagai area konservasi untuk mencegah abrasi di sekitar pantai. Namun, berawal dari foto-foto yang beredar di sosial media seperti facebook dan instagram, menjadikan lokasi ini ramai pengunjung. Hutan Mangrove Pasir Mendit dikelola secara swadaya oleh beberapa kelompok sadar wisata setempat. 


Keberadaan tanaman mangrove disini sudah ada sejak tahun 1989. Orang yang pertama kali menanam mangrove disini adalah orang Aceh, untuk penelitian S2-nya di UGM. Namun, baru pada tahun 2016 ini lokasi tersebut dikembangkan menjadi obyek wisata. Banyak spot-spot menarik untuk sekedar berfoto atau jalan-jalan di sela-sela hamparan pohon mangrove. Wisatawan dapat berkeliling menikmati suasana dan keindahan alam melalui jembatan bambu yang telah disediakan. Sedangkan, untuk  berfoto telah disediakan setidaknya empat spot, yaitu Jembatan Api-api, Pantai Pasir Kadilangu, Maju Lestari dan Wanatirta Pasir Mendit. 


Bagi Anda yang tidak mau capek berjalan, disini juga telah disediakan perahu. Wisatawan dapat menyewa perahu dengan tarif Rp. 5000,-/orang untuk mengelilingi area hutan mangrove. Dari perahu ini kita dapat melihat suguhan panorama pemandangan alamnya yang sangat apik. Sekedar tips untuk Anda yang tertarik mengunjungi Hutan Mangrove Pasir Mendit ini, maka disarankan untuk datang pada pagi hari atau sore hari karena cuaca pada siang hari sangat panas. 

Rute Menuju Lokasi Wisata Hutan Mangrove Pasir Mendit
Untuk dapat mengunjungi wisata Hutan Mangrove pasir Mendit, dari arah Jogja wisatawan dapat melewati Jalan Raya Jogja-Wates hingga sampai di patung Nyi Ageng Serang. Dari situ ambil arah ke Purworejo lurus terus sampai pertigaan Terminal Wates belok ke kiri. Nanti di kanan jalan akan menemukan rumah makan padang murah meriah lurus terus sampai menemukan pertigaan berbentuk huruf Y, kemudian belok kiri ke arah Pantai Congot. Dari situ masih lurus terus hingga menemukan jembatan Congot, kemudian berjalan ke arah barat nanti ada papan nama Dusun Pasir Mendit. Masuk ke situ dan ikuti saja petunjuk arahnya, kalau kurang jelas bisa bertanya ke warga sekitar. 

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Pasir Mendit
Untuk memasuki kawasan wisata Hutan Mangrove Pasir Mendit, wisatawan cukup membayar Rp. 3.000,-/orang dan parkir kendaraan Rp. 2.000,-/motor dan Rp. 5.000,-/mobil. Berbagai fasilitas terdapat disini, antara lain kamar mandi, area parkir dan warung makan.

Artikel Raja Plesir Lainnya :

2 komentar:

Scroll to top