Menikmati Keunikan Telaga Biru di Gunung Kidul

Gunung Kidul selalu memunculkan destinasi wisata baru yang menarik untuk di kunjungi. Salah satu destinasi wisata yang kini tengah populer adalah Telaga Biru Semin atau Banyu Biru Candirejo. Lokasi Telaga Biru Semin berada di Dusun Ngemplak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Gunung Kidul.


Telaga Biru Semin merupakan bekas penambangan batu kapur. Meskipun hanya bekas tambang batu, namun ada pesona tersembunyi di balik bekas tambang tersebut. Awalnya tempat ini merupakan sebuah bukit yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk di ambil batunya dan dijadikan kerajinan. Seiring berjalannya waktu, bukit tersebut terkikis hingga membentuk kubangan. Kubangan tersebut kemudian tergenang oleh air hujan dan membentuk semacam telaga. 


Tempat ini menawarkan pemandangan yang indah berupa bukit kapur dan telaga dengan air yang kadang berwarna biru dan kadang berwarna hijau. Terdapat 3 kolam di sekitar telaga yang digunakan untuk sekedar foto atau berenang. Sekilas, jika dilihat dari atas bukit pemandangan telaga ini seperti Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur. Perubahan warna yang terjadi di Telaga Biru Semin menurut para ilmuwan disebabkan karena kandungan tanah yang berbeda dari tiap telaga tersebut.


Rute Menuju Telaga Biru Semin 
Untuk menuju Telaga Biru Semin, dari Jogja langsung menuju Jalan Wonosari hingga Pasar Semin. Dari Pasar Semin ambil jalan menuju Watu Kelir. Sebelum Watu Kelir, Anda akan menjumpai gapura selamat datang di Gunung Kidul. Dari gapura tersebut berjalan lurus hingga menemukan jembatan, gang pertama setelah jembatan belok kanan dan ikuti jalan tersebut, dari situ sudah ada papan penunjuk jalan. Kalau masih bingung bisa tanya ke warga sekitar.

Harga Tiket Wisata Telaga Biru Semin
Untuk berwisata ke Telaga Biru Semin tidak dipungut biaya alias gratis. Wisatawan cukup membayar parkir kendaraan Rp. 2.000,-/motor. Fasilitas yang disediakan antara lain area parkir, toilet, ban dan pelampung. Bagi Anda yang ingin berenang di sini dikenakan tarif Rp. 10.000,-/orang untuk sewa alat.  




Artikel Raja Plesir Lainnya :

2 komentar:

Scroll to top